h1

Official Trailer World War Z is ONLINE!

November 23, 2012

Ini trailernya:

Bagi yang belum tahu ini film apa, film ini dibuat berdasarkan buku World War Z, karangan Max Brooks. Reviewnya silahkan lihat di sini.

Saya selaku fans berat bukunya, terus terang kecewa berat dengan trailer pertamanya. Dari gosip yang beredar di Internet sejak lama, saya memang sudah tahu kalau filmnya bakal menyimpang jauh dari buku. Saya bukan seorang purist, yang memaksa film harus persis sama dengan buku. Film adaptasi buku adalah sebuah produk turunan yang tidak harus sama persis, karena mediumnya memang berbeda. Banyak contoh film sukses walaupun tidak sama persis dengan buku (meskipun lebih banyak lagi contoh film gagal karena menyimpang dari buku).

Contohnya adalah film Pintu Terlarang. Harus diakui filmnya tidak sama dengan bukunya, tapi menurutku jauh filmnya luar biasa bagus, apalagi untuk film Indonesia, tidak kalah sama Shutter Island-nya Martin Scorsese. Begitu pula dengan Trilogi Lords of The Ring yang tidak sama persis dengan bukunya, dan harus kita akui filmnya luar biasa!

Tapi dilihat dari trailernya, film World War Z ini, bukan saja beda jauh sama bukunya, semangatnya pun jauh berbeda.

1. Zombie dalam film ini adalah running zombie (bahkan bukan saja berlari, larinya luar biasa cepat sehingga menjadi superzombie). Memang di dunia per-zombie-an ada perdebatan alot mengenai apakah zombie seharusnya “berjalan” (walking zombie) atau “berlari” (running zombie). Dalam hal ini saya juga bukan seorang purist yang membela salah satu pihak. Walking zombie bisa menjadi sebuah film zombie yang bagus seperti The Walking Dead. Running zombie juga bisa menjadi sebuah film bagus seperti 28 Days Later (ada perdebatan juga mengenai apakah “makhluk” dalam film ini bisa dikategorikan zombie atau tidak, tapi saya tidak akan membahas hal itu di sini).
Pada intinya, harus ada konsistensi. Ceritanya harus konsisten, entah zombie-nya mau jalan, lari, atau ngesot! Nah, di sinilah letak masalahnya. Seluruh buku World War Z itu dibangun berdasarkan asumsi kalau zombie-nya jalan, bukan lari, apalagi lari dengan kecepatan super seperti yang terlihat di trailernya. Kalau zombie-nya saja diganti, otomatis seluruh film itu akan kehilangan rohnya.

2. Ada beberapa adegan di buku yang sangat luar biasa sehingga fansnya sangat berharap adegan tersebut akan ada di film tersebut. Dengan melihat trailernya, hampir pasti adegan itu tidak akan ada. Salah satunya adalah The Battle of Yonkers, yang adalah pertempuran besar pertama antara manusia (baca: Angkatan Bersenjata Amerika) vs Zombie, dengan hasil manusia kalah besar walaupun dengan berbekal senjata canggih, bom dan pesawat tempur. Semuanya karena mereka mengira perang melawan zombie sama dengan perang melawan manusia!

3. Yang menjadi sentral dalam buku World War Z adalah manusia! Bukan zombie. Buku itu memperlihatkan bagaimana tidak siapnya kita menghadapi krisis global. Ini tidak berlaku hanya untuk zombie, tapi bisa digantikan dengan wabah flu, global warming, krisis keuangan, dll. Tidak perlu zombie super untuk menguasai dunia, cukup zombie lamban ditambah dengan ketidaksiapan manusia!

Kesimpulan, para fans World War Z, siap-siap KECEWA!

2 comments

  1. I take it, you didn’t like the movie then?


  2. The film itself is not bad, even though it is not taken from the book. I will give it a 7 of 10. It is just too bad that a book with this kind of potential do not get what it deserved. Maybe a TV series could be made (but I doubt it, you know, the copyright thing).

    (Spoiler: the idea is taken from the comic created by Max Brook also, THE EXTINCTION PARADE. The vampire is joining the human vs zombie war. And the vampire have the upper hand, because zombie cannot detect them, because they are ALREADY DEATH.)



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: