h1

Percy Jackson, Sang Putra Poseidon

February 22, 2010

Sebuah film fantasi kembali menghiasi layar bioskop. Tak kurang meriah, film ini dibesut oleh sutradara yang pernah membuat Harry Potter, yaitu Chris Colombus. Tentunya pihak produser berharap ia bisa meraup keuntungan besar.

Film ini dilatarbelakangi mitologi Yunani. Bagi Anda yang sudah mengenal dewa dewi Yunani (kemungkinan besar dari serial Herculer yang pernah diputar di TV swasta dulu), tentunya tertolong untuk cepat menangkap alur cerita ini. Ada Zeus, Poseidon, Athena, Hermes, Hades, Medusa, Cerberus, Hydra, dan Persephone (Tidak, di sini tidak ada Hercules dan Xena).

Di luar dugaanku (ekspektasiku terhadap film ini tidak terlalu tinggi) film ini cukup menghibur, meskipun sesuai dengan genrenya, yaitu film pra-remaja, tidak ada momen2 yang memerlukan otak terlalu banyak. Di lain pihak, ia tidak terlalu terjebak dengan klise2 film remaja pada umumnya, sehingga lumayan untuk dinikmati.

Efeknya lumayan, tapi tentu saja di tengah majunya CGI saat ini, ia menjadi terasa biasanya. Akting secara rata2 lumayan, dengan acungan jempol buat Pierce Brosnan yang menjadi Centaurus. Ceritanya juga lumayan, terutama di bagian awal yang menceritakan bagaimana dewa dan setengah dewa bisa hidup di tengah manusia.

Yang paling kusayangkan adalah karakter Percy sendiri, yang adalah putra Poseidon. Karakternya seperti melenceng dari pakem. Seperti yang kita tahu Hercules, walaupun ia adalah putra Zeus, dewa petir, tidak otomatis menjadi penguasa petir. Di sini Percy otomatis menjadi penguasa segala macam cairan, semacam water bender gitulah, kalau pakai istilah film Avatar. Ini membuat karakter Percy terlalu perkasa, sehingga jadi gak gitu seru deh! Tapi anda mungkin perlu menyalahkan penulis bukunya, soalnya film ini diangkat dari buku cerita.

Film: 3.5/5

Efek: 3.5/5

Akting: 3/5

Cerita: 3.5/5

6 comments

  1. Akhirnya ketemu juga sesama blogger yang hobi film😀

    Horeee Pertamax

    Salam kenal dari Blogger baru yang kebetulan hobi film juga🙂

    Numpang naroh link blognya di blog ku yah :

    http://just-filmajah.blogspot.com

    mohon kritik dan saran dari sesepuh bloger disini😀

    makasih


  2. aku udah nonton film nya lumayan bagus n seru koq ^^
    lebih modern kesannya.. ada lucunya juga.. ya cukp menghibur lah ^^b


  3. villainnya kurang kuat. Adegan tengah-tengah kurang menarik. Tapi yang pake sepatu terbang sudah lumayan tapi harusnya bisa lebih ok lagi. Masih jauh jika dibandingkan serial HP. Padahal idenya cukup bagus menurut gua.


  4. Ide ceritanya sbtlx fresh, mitologi yunani d abad modern…
    Cm kok, penuturannya ‘lame’ dan klise bngt ya?
    Justru kejutan muncul dr aktor2 t’nama dlm peran dewa dewi nya ( thurman is perfect as medusa)

    Satu lg, hydra, minotaurus, centaurs, cerberus, dan bhkn medusa adl karakter2 penting dr game favorit sy HEROES !!


  5. film yang lumayan menghibur
    konsep mythology yunani di era modern


    • yap. udah baca bukunya belum? seru banget mulai seri 3. kalau dibuat filmnya sih bakal gila banget. seluruh dunia ceritanya jadi ajang pertarungan para dewa. megah banget.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: