h1

Okuribito, Film Terbaik yang Kutonton Tahun ini

January 6, 2010

Film ini sebenarnya dirilis tahun lalu (2008), tapi karena nontonnya baru tahun ini (2009), jadi kumasukkan di list tahun ini saja. Film ini meraih Oscar sebagai film asing terbaik. Aku termasuk yang telat menyimak film ini, karena telat masuk Indonesia. Kemaren baru dapat kesempatan nonton film ini lewat Jiffest, thanks Jiffest!

Hanya satu kata untuk film ini. DEDIKASI. Sungguh, terasa sekali aura perfeksionis sang sutradara, aktor, penata musik, dan penulis skrip film ini. Sudah lama rasanya aku tidak merasakan sebuah film yang dibuat tanpa cela, dengan tiada adegan tidak berarti, ibarat tiap detik film ini dibuat dengan sempurna.

Film ini bercerita tentang seorang petugas pengurus jenazah, yang memandikan, mendandani sampai memasukkan ke peti jenazah. Ia adalah sebuah pekerjaan yang dianggap hina, di satu pihak memang menjijikkan sehingga tidak ada yang mau melakukannya, di lain pihak bayarannya tinggi sehingga dianggap mengambil rejeki dari musibah orang lain (ini khas Jepang, pekerjaan jorok di sana dihargai tinggi karena tidak ada yang mau melakukan, beda dengan di Indonesia, pekerjaan jorok dihargai rendah, karena banyak orang nganggur yang butuh pekerjaan sehingga gak bisa milih).

Film ini dibuka dengan ringan sekali, bahkan lucu, sehingga tidak terasa memberatkan. Sedikit demi sedikit lalu kita dibawa ke dalam suasana seorang okuribito yang sedang magang dengan seniornya yang sudah lanjut usia. Lalu masuk ke dalam konflik keluarganya sendiri yang tidak bisa menerima pekerjaan yang hina tersebut.

Sedikit demi sedikit, film ini membawa kita melalui profesi seorang okuribito untuk menghargai kematian. Bahkah penghargaan kita terhadap kehidupan bisa dilihat dari penghargaan kita terhadap kematian, dalam hal ini bagaimana kita menghargai orang mati di hadapan kita. Seorang okuribito berusaha mempersiapkan “keberangkatan” seorang yang meninggal sebaik-baiknya, ibarat orang yang mau melakukan perjalanan jauh. Dan seluruh keluarga pun berkumpul seolah mengantar seorang yang akan pergi jauh. Sungguh mengesankan! Dan semuanya ini disampaikan dengan indah bagaikan sebuah puisi. Di tambah dengan iringan musik mendayu yang melarutkan suasana. Thanks to music director!

Akting dan skrip film ini juga jempolan. Terutama sekali jempol buat duo sang senior yang membimbing sang yunior. Chemistry-nya terasa sekali. Alur ceritanya nyaris sempurna, bahkan sekedar untuk plot-plot kecil tentang kisah masing2 pemakaman. Begitu juga dengan kisah di tempat kremasi dan tempat pemandian. Semua dibuat dalam proporsi sempurna.

Sedikit spoiler: Perhatikan adegan awal yang memperlihatkan kejutan tentang sesuatu yang “teraba” pada mayat yang sedang dimandikan. Bisakah anda menebak apa itu?

Film : 4.5/5

Sutradara: 4.5/5

Akting: 4.5/5

Musik: 4.5/5

10 comments

  1. Sama,ini film terbaik yang aku tonton tahun ini. Dan sama juga soal penghargaan terhadapkehidupan dan kematian.
    Film yang BAGUSSS!!!


  2. aku juga blom nonton nehhh

    keknya keren yaaa🙂


  3. jujur saja saya blum mnonton film ini, tapi suatu saat saya pasti nonton… dari review diatas sudah kliatan film ini luar biasa bagusnya🙂


    • yah, emang luar biasa. belum ketemu tandingannya dalam waktu dekat.


      • jadi gak sabar mw nonton T.T


  4. Hem.. sebuah profesi yang menarik untuk dibuat film ya.. mungkin lebih banyak ‘duka’nya kali.. sukanya cuma dibayar mahal kali..😀 salam


  5. thaks review nya saya belon nonton nih film mendengarpun tidakkk….saya suka yang kelam-kelam hihihi…..


  6. aku pernah baca di majalah Animonster,,

    kayaknya keren aku jadi pngen nonton


    • wah, ada di animonster ya. padahal genrenya sama sekali bukan genre anime.
      film ini memang mengupas tentang budaya jepang dalam berhadapan dengan kematian. mudah2an suka…



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: