h1

Jiffest 2009

November 26, 2009

Jiffest 2009 akhirnya datang juga.  Entah mengapa kok kurang terasa gegap gempitanya yah. Mungkin karena Jiffest kali ini cuma diselenggarakan di satu venue yaitu Blitz Megaplex Grand Indonesia. Kali ini dimulai tanggal 4 Desember dan berakhir tanggal 12 Desember. Lengkapnya lihat saja di websitenya http://jiffest.org

Festival kali ini akan dibuka dengan film terbarunya Riri Riza – Sang Pemimpi yang diambil dari tetraloginya Andrea Hirata, cuma ini untuk invitation only. Festival ditutup dengan New York I Love yang (sayangnya) juga invitation only.

Festival juga dimeriahkan oleh film2 Indonesia yang dirilis tahun ini dan bisa ditonton secara gratis! Beberapa film Indonesia yang layak dapat sorotan adalah Under the Tree, Pintu Terlarang, Jermal, Garuda di Dadaku, 3 Doa 3 Cinta dan Cin(t)a.

Yang unik kali ini adalah film2 bertemakan Islam yang masuk dalam Festival. Film2 ini masuk dengan kerjasama dengan ruangfilm.org.

Ada beberapa film yang rencananya akan kutonton:

1. A Dream for Kabul, kisah seorang bapak dari Jepang yang anaknya menjadi korban 9/11, dan ia pergi ke Kabul untuk membantu orang di sana, dgn harapan peristiwa 9/11 tidak akan terjadi lagi.

2. Around the World with Joseph Stiglitz, dokumenter dengan dipandu oleh Joseph Stiglitz, seorang nobelis ekonomi yang berubah menjadi aktivis, yang mencoba mencari jalan alternatif bagi globalisasi untuk menciptakan dunia yang lebih baik dan adil.

3. Balibo, yang ini lebih dekat dengan negeri kita. Seputar kemerdekaan Timor Timur, menggambarkan jurnalis Australia yang bertugas di sana, di tengah ketakutan akan invasi dari Indonesia. Ini adalah sebuah film cerita buatan Australia, bukan dokumenter.

4. Coffee and Allah, kisah seorang gadis berjilbab (bukan jilbab model Indonesia tapi purdah yang lebih mirip burqa di Afghan, yang berjuang untuk bisa berhubungan dengan tempat tinggalnya yang baru, di mana ia tidak punya apa pun untuk tetap bertahan hidup kecuali kesukaannya pada kopi, agamanya, dan badminton! Ini adalah sebuah film pendek.

5. The Damned United, kisah suka duka pelatih United yang agak kurang dapat sorotan, Leeds United. Ini adalah kisah sang pelatih Brian Clogh. Ini bukan film dokumenter.

6. Departure (Okuribit0), peraih Oscar film asing terbaik tahun ini. Kisah seorang pengurus jenazah.

7. (500) Days of Summer, kisah cinta seorang anak laki2 selama 500 hari.

8. On Tight Rope, film tentang kisah suku Uighur yang mayoritas muslim di tengah ketatnya pengawasan pemerintah Cina.

Selamat nonton, selamat berfestival.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: