h1

9, yang lebih layak diberi 6

November 11, 2009

9Film ini memasang label yang pendek sekali, sehingga membuat kita bertanya-tanya tentang apa isinya. 9, itu saja. Namun dalam beberapa adegan awal, 9 tidak lagi menjadi sebuah magic label, karena sudah terjelaskan, meskipun kesimpulan akhirnya (yang agak mengecewakan tetap dipasang di akhir cerita).

9 adalah cerita tentang 9 makhluk (yang tidak jelas makhluk apaan) di tengah dunia pos-apokaliptik dimana tidak ada satu pun manusia (dan kayaknya binatang juga) tersisa, menyisakan mesin-mesin otonom yang menjelahi dunia yang hancur.

Gambar-gambarnya terus terang cukup menawan. Hanya saja gambarnya tidak disertai dengan cerita yang kuat. Film ini seperti dibuat tanpa tujuan (kecuali untuk menciptakan action yang menjadi porsi utama dari cerita).

Penggunaan gender di dalam makhluk (yang meskipun dijelaskan di akhir film) juga terasa mengganggu. Penggunaan gender di dalam WALL-E terasa lebih smooth dan tidak terasa dipaksakan.

Beberapa orang mencoba menyamakan film ini dengan Lord of the Rings, Fellowship of the Rings, namun aku tidak setuju dengan itu. LOTR menawarkan kompleksitas cerita yang utuh, yang tidak ditemui dalam film ini. Yang mirip hanya segerombolan boneka yang melakukan perjalanan menuju sebuah pabrik (?) yang mirip Mordor. Sisanya tidak mirip sama sekali.

Yang paling mengecewakan adalah memang ceritanya. Tidak ada satu keutuhan yang bisa menghubungkan apa maksud sang ilmuwan yang mencoba “menyelamatkan kemanusiaan” dengan menciptakan boneka2 robot tersebut. Ini tidak matching dengan tema apokaliptik yang paling tidak bisa diarahkan ke dua hal: harapan akan dunia baru (seperti pada WALL-E dan Knowing misalnya), atau kehancuran total tanpa harapan. Film ini tidak memberikan apa-apa.

Sehingga film ini lebih layak diberi 6 ketimbang 9. (karena paling tidak action-nyatidak membuatku muntah seperti film you-know-what)

Film: 3/5

Sutradara: 2.5/5

Skrip: 3/5

Visual: 4/5

6 comments

  1. hmm…padahan pengen banget nnton, tpi trnyta film 9 ini bernilai 6 ya?

    btw sya pasang linknya di blog sya🙂


    • oke deh, tukeren link…


      • okay thanks very much🙂


      • kalau kata indro warkop: “same same”


  2. Hahahah…. nilai 6 dari yang punya blog tuh berarti ini film layak tonton, walaupun gak bakalan jadi film memorable.


    • ya gitu deh, paling tidak film ini tidak membuat aku nyumpah2 seperti pas liat transformer2



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: