h1

The Last Legion

November 2, 2009

lastlegionJarang ada sebuah film atau cerita yang mencoba membuat interpretasi ulang terhadap sebuah legenda. Film ini adalah salah satunya. Sayangnya penggarapannya tidak terlalu total sehingga menjadi serba tanggung.

Film ini mencoba menghubungkan kekaisaran Romawi dengan legenda Raja Arthur. Ia memulainya dengan tumbangnya kerajaan Romawi Barat oleh suku Goth, kisah pelarian kaisar terakhirnya sampai ke Inggris, dan bagaimana mereka akhirnya mereka meletakkan dasar bagi Arthur di Inggris.

Awal ceritanya cukup meyakinkan. Namun sayangnya plot berjalan terlalu biasa dan semuanya berjalan terlalu mulus sesuai rencana. Penjahatnya kurang digjaya dan terlalu mudah dikalahkan dan jagoannya terlalu beruntung. Sehingga secara keseluruhan film ini menjadi kurang heroik. Penokohannya juga kurang mendalam. Semuanya terkesan sekali lalu, dan tokoh2nya klise semua.

Mungkin ini karena film ini terlalu disetting sebagai sebuah film PG13 dari awal, sehingga ia dibuat lebih mirip sebuah fairy tale ketimbang dibuat realistis.

Satu2nya point menarik dari film ini adalah penampilan Aishwarya Rai. Aktingnya memang biasa2 saja, tapi kecantikannya memang luar biasa…

Secara keseluruhan memang tidak buruk2 amat, namun terlalu biasa, dan terlalu kanak2 sehingga sulit untuk memuaskan penonton dewasa. Bagi yang suka genre seperti ini lebih bagus nonton film seperi The Mists of Avalon, yang lebih mendalam ceritanya, walaupun mungkin tidak historis.

Film: 3/5

Akting: 2.5/5

Sutradara: 3/5

Skrip:  3/5

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: