h1

Inglourious Basterd, Ingloriously Good!

October 28, 2009

inglouriousQuentin Tarantino kembali bikin gara-gara. Kali ini dengan film Inglourious Basterds, sebuah film dengan ejaan aneh, yang mirip dengan sebuah film yang dirilis tahun 1978 dengan judul Inglorious Bastard (dengan ejaan yang benar). Mungkin film ini adalah sebuah film dedikasi kepada film pendahulunya, tapi saya belum sempat mengeceknya.

Film ini sungguh unik. Di satu pihak kita disuguhkan oleh kehebatan sebuah pasukan paramiliter yang bergerak di bawah tanah secara gerilya. Namun di pihak lain, ia menyuguhkan sebuah film yang penuh dengan rencana yang gagal dan juga absurditas, tanpa jatuh menjadi sebuah film komedi. Di sinilah letak kejeniusan Quentin Tarantino sebagai penulis sekaligus sutradara film ini.

Ceritanya mengalir dari terbentuknya sebuah pasukan khusus orang Yahudi yang mau membalas dendam kepadaJerman dengan menyusup dan membantai pasukan Jerman di dalam daerah pendudukan mereka sendiri. Mulanya semua berjalan lancar dan mereka pun menjadi hantu yang menakutkan. Sampai akhirnya mereka terlibat sebuah operasi rahasia yang membuat semuanya menjadi berantakan… atau malah sangat berhasil (?).

Film ini sungguh unik karena menjadikan kegagalan sebagai sebuah cerita, tanpa menjadi sebuah melodrama tragedi atau komedi. Kita ibarat menonton sebuah skenario gagal. Ini sungguh menyegarkan karena hampir seluruh film yang lain selalu menggambarkan situasi dimana sang tokoh protagonis selalu berhasil dengan segala rencananya yang rumit dan daya tahannya yang luar biasa. Ini semua tidak akan Anda jumpai dalam film ini. Bersiaplah menerima kejutan demi kejutan yang mungkin membuat Anda tertawa atau mengernyitkan dahi.

Akting para pemain cukup meyakinkan di saat mereka jatuh ke dalam situasi yang absurd. Terutama sekali aktor Jerman Christoph Waltz yang menjadi sang tentara “detektif” yang dengan tajam menganalisis segala sesuatu.

Film ini cukup berdarah, walaupun ia bukan sebuah film yang mengumbar kekerasan secara tidak perlu. Namun bagaimana pun ini adalah sebuah film strictly 17 tahun ke atas, seperti halnya film2 Quentin Tarantino lainnya.

Sungguh film ini layak tonton, terutama untuk merayakan absurditas! Lupakan logika, dan nikmati saja suguhannya.

Film: 4/5

Sutradara: 4/5

Skrip: 4/5

Akting: 4/5

7 comments

  1. bagus banget sih ga. cuma gua suka gaya Landa yang menganalisa sesuatu. Adegan awal keren, adegan di bar bagus. Adegan dengan Shosanna di akhir film juga ok.


    • yang aku paling suka adegan di bar. konyol dan absurd


  2. Christoph waltz the new my favorite actor..


  3. emang film terkeren tahun ini😀


  4. Wow ratingnya dikasih tinggi2 semua ya…
    Harus ditonton dan diulas juga nih.
    Blogwalking yah,
    “fully awesome”, Bolt


    • selamat datang.
      ya, filmnya mantap. asik punya.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: