h1

Hangover, sebuah Komedi Gaya Baru

September 16, 2009

hangoverHollywood sebenarnya sudah mati ide. Sudah lama tidak ada komedi baru, semenjak era Nora Ephron yang merajai komedi romantis ala When Harry Met Sally, Sleepless in Seattle, lalu diteruskan oleh era komedi “menjurus” Farelly Brothers ala There’s Something About Mary, lalu komedi jorok ala American Pie, dan yang paling parah adalah komedi parodi Wayans Brothers dari Scary Movie (yang sebenarnya lumayan menyegarkan) sampai Disaster Movie yang bikin muntah. Setelah itu praktis semua komedi mirip2, gak ada inovasi baru. Kehadiran Hangover, menjadi menyegarkan karena yang ditawarkan adalah sebuah format komedi yang berbeda, di tengah penyakit sequel dan franchise.

Ia sebenarnya masuk dari komedi romantis, namun kemudian berbelok tajam meninggalkan genre itu sama sekali. Jalan ceritanya menjadi sulit ditebak dan hal yang baru muncul di tengah tikungan. Bagaimana mungkin kita menjelaskan tiga orang cowok yang bangun setelah mabuk semalaman, dan bangun2 di tengah hotel mewah semalam di atas $4000, kamar berantakan, ada ayam, gigi seri hilang satu, pusar ditindik, ada bayi (!) dan macan (!!) di kamar mandi?

Sisanya adalah kejutan dan tawa (bagi kita sebagai penonton bukan bagi mereka), dari satu kesialan ke kesialan berikutnya, yang sukar untuk dijelaskan dengan akal sehat. Meskipun akhirnya film ini berakhir dengan klise seperti halnya semua film komedi, namun bagaimanapun film ini layak mendapat acungan jempol. Dan jangan lupa, ada kejutan di akhir film, yang menjawab semua pertanyaan tak masuk akal di atas.

Tapi satu pertanyaan tidak terjawab. Dari mana yah datangnya ayamnya?

 

Film: 3.5/5

Akting: 3.5/5

Sutradara: 3.5/5

Soundtrack: 4/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: