h1

District 9

August 31, 2009

district9Film ini cukup mengundang dengan memasang nama Peter Jackson, walaupun hanya sebagai produser. Trailernya pun cukup mengundang, dengan gaya mockumentary. Tampilan Tapi apakah filmnya benar sebagus itu?

Film ini dibuat dengan gaya dokumenter dengan sudut pandang seorang tokoh bernama Wikus van de Merwe, seorang pekerja badan MNU, semacam badan pengelola refugee alien gitu. Alien digambarkan tiba2 sudah ada dibumi tanpa prolog. Bagi beberapa penonton mungkin ini mengganggu, tapi buatku itu sah2 saja mengingat bukan itu yang menjadi fokus cerita melainkan bagaimana manusia bisa menerima kedatangan makhluk asing di hadapan mereka.

Film ini bergulir dengan baik sampai terjadi sebuah insiden sewaktu si Wikus secara tidak sengaja terkontaminasi zat asing. Dari situ cerita mulai melebar dan menjadi film action biasa. Aku yang mulanya berharap film ini adalah sebuah film kritik sosial terhadap kondisi kamp pengungsian dan tentang bagaimana kita selalu sulit menerima orang asing, bergeser menjadi sebuah film dar der dor dengan senjata alien. So much wasted!

Actionnya tidak buru, jalan ceritanya juga lumayan. Tapi film ini begitu overrated dikalangan kritikus maupun penonton. Lumayan lah, tapi gak sebagus itu. Ia tidak bisa membuat kita masuk ke dalam suasana sebuah kamp pengungsian (kecuali setengah jam pertama).

Mungkin sang sutradara terdesak oleh selera pasar, sehingga ia harus mengubah alur cerita setelah setengah jam pertama. Jadi penasaran dengan film pendek asli Alive in Joburg yang menjadi dasar film ini, yang dikerjakan oleh sutradara yang sama, yang banyak dipuji orang.

Film : 3.5/5

Sutradara: 3/5

Skrip: 3/5

Akting: 3.5/5

3 comments

  1. menurut gw pribadi yang membedakan film ini dengan film aliennya adalah plot cerita fresh dan orosinil. dan Prawns bukan tokoh antagonis…

    ya betul. sayang kurang dieksplorasi lagi. bisa lebih bagus lagi


  2. Coba cari Alive in Joburg di youtube. masih ada koq, belum dihapus. Aku nonton disitu.


  3. Akhirnya nonton juga film ini. Apa yang ditampilkan dalam film pendek Alive in Joburg ada di setengah jam awal film District 9. Film yang juga mengemukakan tema rasisme, xenophobia dan penderitaan penghuni kamp pengungsi serta interaksinya dgn masyarakat sekitar. memang sih, setelah Wikus terinfeksi cairan aliens cerita jadi agak bergeser. Tapi karena menawarkan hal yang berbeda dibanding film alien lain, film ini boleh juga.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: