h1

The 99, Sebuah Serial Komik dari Dunia Islam

August 7, 2009

99Kita sudah kenal Superman, Spiderman, X-Men. Kita juga kenal Naruto, One Piece dan Conan. Siapa pula The 99. Ia adalah sebuah pendatang (yang relatif) baru dalam dunia komik, lahir di antara dua kutub komik dunia, Amerika dan Jepang, dari dunia Islam.

Komik ini ditulis oleh Naif Al Mutawa, bersama dengan komikus yang sudah malang melintang di Marvel dengan seri X-Men, Fabian Nicieza. Idenya lahir dari 9/11, bahwa 9 x 11 = 99, dan ini dihubungkan dengan Asma’ul Husna, 99 nama Allah. Alangkah indahnya jika kesemua sifat2 ilahiah tersebut dimanusiakan dalam bentuk superhero, dan dengan demikian lahirlah komik ini.

Yang paling kukagumi dari komik ini, adalah ide awal ceritanya (yang dapat di download di sini). Ceritanya berawal pada akhir dinasti Abbasyid di Baghdad. Di saat itu, Hulagu Khan meluluhlantakkan kota Baghdad, sebuah kota dengan kebudayaan yang tinggi. Sang penakluk bukan hanya ingin menguasai, melainkan ingin menghancurkan kekaisaran ini sampai pada akarnya, maka salah satu sasaran utamanya adalah perpustakaan Baghdad yang terkenal, Dar Al Hikma. Sebagai upaya penyelamatan terakhir, karena buku2 di perpustakaan tidak sempat dikopi dan diselamatkan, empunya perpustakaan dengan pengetahuan alkimia (alchemy) mereka mengambil sari dari semua ilmu dan kebijaksaan dalam buku2 tersebut dan dimasukkan ke dalam 99 batu permata, dan membawanya ke pengungsian. Singkat cerita akhirnya, kesemua batu permata tersebut dapat diselamatkan dan dibawa ke Andalusia, yang menjadi suaka terakhir kaum terpelajar sebelum ditaklukkan Raja Ferdinand dari Spanyol. Dan akhirnya ke 99 permata tersebut hilang… menunggu untuk  ditemukan berabad kemudian.

Memang ada kemiripan komik ini dengan X-Men, yaitu tokohnya yang super banyak, 99 orang, dengan jumlah hero perempuan yang sebanding dengan yang laki-laki. Pimpinannya, Dr. Ramzi, juga karakternya mirip2 Dr.X yang mencoba mengumpulkan para mutan dalam X-Men, namun ia sendiri bukan seorang superhero. Karakter Dr. Ramzi juga mirip dengan karakter sang penulis komik sendiri, Naif Mutawa, yang seorang psikolog, sejarawan dan sastrawan. Kelihatannya ia memang memasukkan idealisme dirinya sendiri ke dalam komik tersebut, bahwa ia mendambakan sebuah dunia yang damai dan penuh toleransi, dan menjunjung tinggi ilmu pengetahuan serta akhlak. Ia juga ingin memberikan superhero sebagai panutan bagi anak2 dari latar belakang dunia muslim, dan ia melihat bahwa Islam mampu memberikan sumbangan bagi kedamaian dunia, salah satunya lewat komik ini.

Namun yang paling menarik menurutku adalah karakter masing2 superhero yang diambil dari 99 sifat Allah. Misalnya tokoh Noora, sang pembawa terang, diilhami dari An Nuur. Tokoh Sami, superhero dengan pendengaran super sensitif, diilhami dari Al Samii’. Mereka pun datang dari beragam latar belakang dan negara, karena ke 99 permata tadi terserak ke seluruh dunia. Bahkan ada tokoh yang bernama Fattah (diilhami Al Fattah, sang pembuka), nama aslinya Toro  Ridwan (dari Padang?) yang punya kemampuan seperti Hiro dalam serial Heroes, bisa menembus ruang dan waktu.

Komik ini juga menunjukkan karakter yang berbeda dengan komik umumnya yang terlalu mengumbar kekerasan. Kekerasan tetap ada, tapi PG13 lah. Pakaian superheronya juga sopan2, tertutup tanpa harus memakai jilbab seperti cerita2 muslim lainnya. Ada juga sih tokoh yang memakai penutup muka dan kerudung, tapi mayoritas berpakaian biasa. Ceritanya juga tidak moralis seperti cerita islami yang sering kita jumpai di cerita fiksi lokal. Tokoh2nya juga multi ras dan multi bangsa, dari semua warna kulit dan kewarganegaraan. Kerjasama dari superhero yang berbeda kekuatannya juga menjadi fokus cerita, ketimbang superhero yang bermain sendiri. Tokohnya juga ada yang bekerja di lembaga kemanusiaan. Markas besar The 99 yang terletak di Paris (ketimbang Amerika) mungkin juga memperlihatkan afiliasi sang penulis yang lebih berat ke Eropa.

Dalam waktu dekat, sebuah perusahaan Belanda juga akan membuat versi animasi dari komik ini. Taman bermain the 99 juga sudah dibuka di Kuwait dan akan menyusul di tempat2 lain.

Website resmi komik ini bisa dilihat di http://www.the99.org

Ide cerita: 4.5/5

Penokohan: 3/5

Cerita: 3.5/5

4 comments

  1. Kira2 udah keluar bLm di Indonesia komiknya?

    belum. tapi bisa dibeli versi digitalnya di websitenya. murah, $1.99 per komik.
    mestinya kalau diterbitin di sini bisa laku nih
    koreksi. udah terbit! diterbitkan femina group. tapi kok gak kelihatan di toko buku ya…


  2. apakah komik the 99 sudah tersedia dan dijual di toko buku palasari?saya memerlukan komik ini untuk bahan skripsi saya.mohon informasinya.


    • setahu saya sulit mencarinya di toko. bisa dibeli online sih, searh aja di internet


  3. bagusss, akhirnya ada juga karakter super hero islam,



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: