h1

Menanti Merah Putih

July 23, 2009

merahputihSudah lama kita tidak disuguhi film perang Indonesia di layar bioskop. Kita2 yang sudah agak berumur pasti masih ingat dengan si Temon dalam Serangan Fajar, lalu Tjoet Nja’ Dhien, November 1928, dan Janur Kuning. Beberapa di antaranya memang film propaganda, namun bagaimana pun secara sinematik mereka adalah film yang baik. Untuk mengobati itu, kita patut menunggu film Merah Putih, yang kalau tidak salah akan tayang tanggal 13 Agustus 2009 nanti.

Film ini adalah film pertama dari sebuah trilogi. Dari crew-nya terlihat keseriusan film ini. Ahli special efek adalah Adam Howarth yang menangani Harry Potter, The Fall, dan Black Hawk Dawn, dan Saving Private Ryan. Stunt coordinatornya adalah Rocky McDonald yang menangani film Australia, the Quiet American dan Mission Impossible II. Make up dan visual effect ditangani oleh Ron Trenton yang pernah menangai the Dark Knight dan Star Wars Episode III. Sutradaranya memang adalah sutradara debutan, yaitu Yadi Sugandi. Namun meskipun ini adalah film pertamanya, ia sendiri adalah seorang sinematografer handal yang pernah menjadi penata kamera untuk film Laskar Pelangi, Under the Tree, Pasir Berbisik, Petualangan Sherina, dan lain-lain. Editornya Sastha Sunu juga punya nama besar di Indonesia, dan pernah menggarap C aBau Kan, Eliana Eliana, Ayat-ayat Cinta, dan masih banyak lagi. Bintangnya juga dari papan atas seperti peraih Citra Lukmas Sardi (Laskar Pelangi, 9 NAga, ) dan juga bintang lain yang cukup baik seperti Donny Alamsyah (Fiksi), dan Darius Sinathrya (Naga Bonar jadi 2).

Ceritanya sendiri berpusat sekitar perang kemerdekaan, di Jawa Tengah 1947, dan juga dipenuhi oleh para pemainnya, yang masing2 berbeda latar belakang, namun bersatu dalam sebuah perjuangan demi Indonesia Merdeka.

Di tengah bangkitnya nasionalisme akibat serangan bom Marriot, film ini akan mendapat perhatian lebih dari masyarakat, meskipun gaungnya rasanya belum terdengar sama sekali. Catat tanggal mainnya, 13 Agustus 2009, di jaringan bioskop 21 dan Blitz Megaplex.

Lengkapnya bisa di lihat di website resminya http://www.merahputihthefilm.com

Trailernya bisa dilihat di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: