h1

Watchmen gak lulus sensor?

March 17, 2009

lsfFilm ini sudah digadang2 sejak beberapa bulan yang lalu. Bagi para penggemar komik serius, ini adalah sebuah film yang ditunggu2. Tapi kenapa setelah film ini release di Amerika, di sini gak ada bunyinya (atau dalam kasus ini gambarnya)?

Denger2 kabar burung yang beredar di internet, film ini ada kemungkinan TIDAK LULUS SENSOR! Walah. Gimana ini. Jadi ingat kasus film Spielberg Schindler’s List yang juga gak lulus sensor, yang untungnya masih beredar dalam bentuk VCD dan DVD.

Di satu pihak, Lembaga Sensor Film nampaknya sudah setua dinosaurus yang sudah tidak bisa mengembangi perkembangan perfilmanan. Di satu pihak, mereka adalah bayang2 dari lembaga bentukan ORBA dulu yang penuh dengan kontrol dengan dalih stabilitas, kesatuan dan persatuan bangsa, dll. Di lain pihak, seni bergerak dengan logika yang lain. Seni berbicara tentang kemungkinan. Di mana ada kemungkinan, seni akan merambah. Mungkin sudah saatnya, LSF tidak lagi menjadi lembaga sensor, melainkan lembaga rating, tentu saja penjagaan di bioskop harus ketat dengan tidak mengijinkan anak di bawah umur nonton film dewasa.

Di satu pihak, sepertinya LSF menutup mata terhadap buruknya kualitas film2 Indonesia yang membuat kita mati otak. Memang, LSF tidak berhak menghentikan peredaran film semata2 karena film tertentu jelek. Namun bukankah sebuah ironi kalau film bagus tidak boleh beredar karena sensor, dan film buruk boleh beredar? MILK, yang membuahkan OSCAR bagi pemeran utama pria, Sean Penn, juga tidak lolos sensor. Mungkin karena tema yang dianggap adalah tema gay, yang masih dianggap tabu di Indonesia. Dasar negara moralis!

Temanku Sigit di Batam sudah mati akal karena bingoskop, film yang beradar kalau gak film Holywood gak jelas yang tahun edarnya sudah telat satu atau dua tahun, atau film pocong dengan segala versi dan sequelnya (kayang film Batman, mulai dari Pocong, Pocong 2, Pocong Return, Pocong Forever, Pocong Begins).

Please, give us good movies! Jangan salahkan kami cari bajakan kalau begini caranya…

8 comments

  1. Beneran nih on? Aku barusan nonton watchmen versi bajakan cam copy dlm bioskopšŸ˜¦ lwt streaming (kagak ada yg lain sih).
    Kalau Dark Knight dianggap sbg The Best Superhero movies ever, aku yakin kalau Watchmen cocok sbg The Best Superhero(es) movies ever. Dari cara pembuatan (gak ada tokoh yg lebih nonjol kayak LoTR, tp jdnya jg nggak ada yg aktingnya menonjol) hingga cerita satir politiknya yg keren abis. Sayang banget kalau nggak nonton di layar gede, apalagi cm nonton bajakan bioskop penuh kepala org lewat.
    Lagian koq watchmen nggak lolos? apa krn omongan “kill thousand to save millions”?

    Buat Sigit, turut berduka cita:mrgreen:

    gak tau nih, baru dengar isunya sambil harap2 cemas. sayang banget kalau gak masuk


  2. benaran tuh bos???sayang juga gak bisa nonton watchmen

    berdoa saja semoga dugaan saya salah


  3. gini, kayaknya bukan masalah sensor atau gimana, memang dari MPAA itu ada masalah, postpone 3 film di bulan maret termasuk dragonball salah satunya. yah, memang bisnis film itu gak semudah yg kita kira. rumit sekali. masalah ijin, kebijaksanaan impor, pembajakan, dll. Lengkapnya silakan lihat di facebook milik blitz megaplex. Bisa tanya2 di sana. mau kok dijawab sama blitz nya.

    btw, link juga bloku ya:
    erdiawanfilmreviews.blogspot.com


    saya sempet baca dikit sebelum nulis entry ini. cuma saya terus terang menduga2 terutama setelah melihat isi film ini yang cukup porno di beberapa bagian. mudah2an sih memang bisa masuk sini.
    mengenai blog anda saya pikir idle, karena jarang update, makanya belum saya link. sering2 update dong :p


  4. Bukan gara-gara peraturan yang dikeluarkan oleh MENTERI YANG SELALU TERSENYUM KARENA TERLALU SERING JALAN-JALAN itu kan hingga makin banyak film yang telat masuk bioskop Indonesia?
    Kalau masalah sensor, tidak bisa sepenuhnya disalahkan si LSF itu. Butuh kerja sama semua pihak. Kalupun bakalan jadi lembaga pemberi rating, para pengelola bioskop siap tidak dengan hal tersebut? Kalau rating bisa berjalan, pengelola bioskop juga harus lebih tegas kepada para penontonnya.
    Gak kawatir Watchmen gak tayang di bioskop selama pembajak masih gentayangan hehehe
    Apalagi butuh perjalanan 2 jam menuju bioskop terdekat

    masih kesel nih, MILK gak bisa masuk
    lo, emangnya elo tinggal di mana?


  5. Di sebuah kerajaan yang pasti tidak ada dalam bayangan anda hehehešŸ˜‰

    jangan2 kamu tinggal di jermal, hua..ha..ha


  6. @gilasinema : sebuah kerajaan? tinggal di TulungAgung atau Demak? hehe sekedar nebak.

    Iya gua denger ini salah satunya gara2 keputusan Menteri yang baru. ck..ck…
    Bukan soal LSF deh kalo kasus Watchmen dan Dragon Ball Evolution. Yang pasti DRAGON BALL bukan kasus dengan sensoršŸ˜€

    ya. dragon ball kayaknya gak lama lagi. tapi watchmen masih belum jelas juntrungannya…


  7. makanya tinggalkan cineplex 21 ataupun XXI, yang mereka siarkan film2 lokal yang nyampah itu..
    beralihlah ke Blitz MEGA PLEX yang gemar menyiarkan the real Box Office.. percaya deh ga akan ada Pocong2an disana..

    ya. lagi males banget ke 21. anda tapi bukan marketingnya blitz kan


  8. Wah ngomong2 soal blitz. baru2 ini habis dikecawakan. super kecewa. film FRANKLYN yg diputer di bioskop itu ternyata pake dvd. suaranya hancur parah. gambar tidak tajam, banyak pixelnya kelihatan. ck ck ck… why? why? why? alhasil tidak dapat dinikmati. udah ceritanya sendiri agak rumit untuk diikuti, ditambah suara yang parah pecahnya, rasanya pengen keluar dari bioskop, tapi sayang udah bayar mahal.

    wah gimana nih blitz. komplain aja di facebooknya blitz, biar semua orang bisa liat sekalian. aku juga pernah dikecewaan blitz waktu kartuku expired padahal masih ada saldošŸ˜¦ expirenya cepet banget, untung sekarang udah lebih lama expirenya



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: