h1

And the Oscar goes to… Slumdog Millionaire

February 23, 2009

oscarAkhirnya Oscar tahun ini memberikan kehormatannya pada Slumdog Millionaire. Ini memang tidak mengejutkan, mengingat film ini sudah menyabet Golden Globe sebelumnya.

Yang paling berbahagia pada perayaan ini selain Danny Boyle, sang sutradara Slumdog yang juga menyabet Oscar mungkin adalah AR Rahman, yang menyabet DUA Oscar untuk lagu terbaik dan penata musik terbaik. Slumdog kehilangan Oscar di Sound Editing, yang jatuh ke Dark Knight, dan Kostum yang jatuh ke The Duchess. Total ia meraih 8 Oscar dari 10 nominasi. Not bad at all! Benjamin Button walaupun meraih lebih banyak nominasi hanya meraup 2 Oscar untuk Visual Effect dan Tata Artistik.

Kate Winslet juga cukup berbahagia dengan Oscar pertamanya, namun yang paling emosional mungkin Penelope Cruz yang juga mendapat Oscar. Sean Penn juga tidak mengejutkan meskipun bersaing ketat tentunya dengan Mickey Rourke. WALL-E relatif tanpa lawan di kelasnya. Heath Ledger tentunya juga sudah hampir pasti tidak ada lawan, bahkan seandainya ia hidup.

Total general, tidak terlalu mengecewakan, meskipun beberapa film patut mendapatkan perhatian lebih seperti Happy-Go-Lucky dan The Fall. Mungkin karena kedua film tersebut peredarannya tidak luas dan luput.

List lengkap dapat dilihat di sini.

Kemenangan untuk India

Malam Oscar ini sungguh adalah milik India. India-lah sesungguhnya pemilik malam ini, walaupun tidak diwakili oleh artisnya. India menyabet 4 Oscar; dua oleh AR Rahman, satu oleh Resul Pookutty untuk Sound Mixing, dan satu lagi untuk film dokumenter pendek Smile Pinki.

Seluruh India, khususnya Mumbai, setting film Slumdog Millionaire bersuka cita. Seluruh mata di subuh itu tertuju pada televisi yang menyiarkan Oscar secara langsung. Keluarga dekat dua bintang cilik film ini, Rubina Ali dan Azharuddin Ismail, juga bersuka cita.

Begitu pula dengan desa tempat Pinki, seorang gadis kecil berbibir sumbing tinggal. Setelah kemenangan film itu, seluruh orang di desa itu langsung berarak-arak di jalan dan menyanyikan lagu “Long Live Mother India”.

Oscar kali ini sungguh adalah milik India.

Sumber:

http://news.bbc.co.uk/2/hi/south_asia/7905332.stm

http://news.bbc.co.uk/2/hi/south_asia/7905003.stm

3 comments

  1. Yang rada mengejutkan mungkin film berbahasa asing terbaik. Okuribito dari Jepang mampu menyingkirkan The Class-nya Perancis yg banyak dijagokan kritikus. Aku udah nonton dua-duanya dan menurutku The Class lebih menarik (mungkin karena tema rasialnya yg kontroversial) daripada Okuribito (artinya sang pengantar) yang berbicara tentang hidup dan kemanusiaan.

    Okuribito bercerita ttg kehidupan sehari-hari seorang musisi nganggur yg akhirnya dapat pekerjaan mengantarkan klien menuju akhirat alias tukang “reparasi” mayat sekalian ngurusin prosesi pemahkaman. Mungkin karena temanya yg membumi, jadinya kurang heboh (atau akunya yg kurang ngeh, nonton tanpa teks terjemahan sih). Sutradaranya itu mungkin masih ingat, itu tuh yang bikin film samurai Shinsengumi, When the Last Sword is Drawn.


  2. kalo misal ada orang amrik yang bikin cerita di indonesia,, mungkin jadi lebih keren juga tuh..

    jadi, ga cuman india aja.. bisa ga ya??

    coba nonton the fall. di situ ada adegan tari kecak. mantap banget.
    atau kalau masih ingat film the year of living dangerously tentang jatuhnya soekarna. shootingnya gak di indonesia sih, begitu pula castingnya. pasti dilarang lah di sini. filmnya bagus.


  3. aduh bangus2 banget reviewnya🙂
    oh iya, saya setuju soal happy go lucky. se-enggaknya menurut saya, sally hawkins lebih layak masuk nominasi daripada anne hathaway. walaupun acting anne juga bagus di rachel getting married, tapi lebih bagusan sally hawkins🙂

    perjalanantidakpanjang.blogspot.com

    tengkyu. sering2 berkunjung ya… komentar sangat diharapkan.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: