h1

Red Cliff 2, Pertempuran Tebing Merah

January 20, 2009

redcliff2Akhirnya keluar juga sequel Red Cliff, meskipun sebenarnya agak males nonton karena yang pertamanya agak mengecewakan.

Film ini dibuka tanpa banyak tedeng aling2 menjelaskan seri sebelumnya, dan ini kupikir adalah keputusan yang tepat, biar nggak habis waktu. Ia langsung masuk ke dalam konflik pertempurannya.

Di film ini, kita benar2 disuguhi kejeniusan dari Zhuge Liang (atau Kong Ming dalam dialek mandarin) dan Zhou Yu dalam strategi perang. Keduanya menunjukkan ketenangan karakter, belas kasih sekaligus ketajaman membaca situasi. Mereka dikontraskan dengan Cao Cao yang menggunakan segala cara untuk menuai kemenangan, termasuk cara2 yang tidak manusiawi.

Meskipun pembangunan karakter di dalam film ini belum utuh betul, secara keselurahan terasa lebih baik dari seri pertama. Mungkin ini karena seri pertama lebih terasa sebagai sebuah pengantar sedangkan inti ceritanya memang ada di seri kedua ini. Ia juga lebih fokus pada karakter Zhou Yu. Memang patut disayangkan karakter lain yang sebenarnya juga menarik tidak terlalu mendapatkan sorotan, tapi itu memang pilihan yang harus dibuat untuk sebuah film berdurasi terbatas.

Pertempurannya dikoreografi dengan baik dengan tingkat kesadisan yang rata2, tidak terlalu berdarah. John Woo kali ini benar2 menekankan romantisme perang seperti yang diharapkan para penggemar karya fiksi Samkok. Cerita sebenarnya mungkin lebih realistis tapi kurang romantis.

Secara keseluruhan, sebuah film yang menarik untuk disimak kalau anda suka kungfu atau film2 berbau sejarah.

Film: 3.5/5

Sutradara: 3.5/5

Koreografi: 4/5

Akting: 3/5

4 comments

  1. Wah kayaknya John Woo nggak bertele-tele lagi kayak yang pertama nih. Ntar cari yang versi bagusnya deh.
    Dapet versi bajakan jelek banget. Habis yang ngembajak bego, masa niat ngembajak, duduknya di kursi pinggir bioskop. Ntar nunggu yg agak bagusan.


  2. wah udah keluar lanjutannya..dah saia tunggu-tunggu je semenjak liat yang ptama,,
    kalo menurut saia sih yang pertama asik aja tuh pilemnya..apa selera saia aja yang masih culun yah?
    ah yang penting saia menikmatinya kok..
    hehe,,


  3. On, udah nonton Gundam terbaru belum? Gundam 00 (baca: double o).

    Konfliknya lebih mantap dan yang aku suka lebih……apa yah…. Yang pasti konflik politiknya lebih realis daripada Gundam sebelumnya. Coba aja nonton 2-3 episode awal, kujamin pasti keterusan.


  4. pada hari sabtu 13 februai 2010 di tanyangkan di sctv,. tapi to be continyu alias bersambung,.. kapan yach,.. lanjutanx,… to: red cliff 2 mania..



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: