h1

Burn After Reading

January 19, 2009

burnafterreadingSebuah komedi yang pahit, satir dan berdarah. Inilah yang dapat aku katakan tentang film ini. Film ini dengan dengan kata2 f**k dan s**t sehingga kuping anda mungkin akan terasa panas bagi yang tidak biasa.

Namun film ini tidak bergerak di genre seperti komedi pada umumnya. Ia adalah sebuah film realis, mungkin sedikit hiperbolik, namun tetap realis. Semua tokoh di dalam film ini sekedar menjalankan tugasnya sebaik2nya dan akibat itulah terjadi konflik.

Meminjam istilahnya Albert Camus, mungkin film ini menggambarkan betapa absurdnya dunia yang kita tinggali ini. Semua keabsurdan ini dieksplotasi dengan baik oleh Coen Brothers, sutradara dan penulis film ini, sehingga kita dibawa dalam sebuah cerita yang menarik.

Namun film ini masih seperti masakan yang sedikit kurang pas. Mungkin karena tidak ada sebuah nilai berarti yang membuat film ini berharga untuk direnungkan. Mungkin ini juga karena film ini memang terlalu absurd, sehingga memang tidak patut dikenang.

Akting Brat Pitt perlu saya acungi jempol karena ia bisa memerankan dengan baik seorang instruktur kebugaran dengan segala keabsurdannya, yang hanya mau minum minuman energi. Aktor dan aktris lain juga bermain di atas rata-rata.

Secara keseluruhan film ini layak ditonton, meskipun terasa kurang menghibur. Jangan ditonton dikala stres, nanti ikut2an absurd.

Film: 3.5/5

Akting: 4/5

Skrip: 3.5/5

Sutradara: 4/5

3 comments

  1. mungkin karena absurdnya film ini, penonton terkadang harus agak berkerut menontonnya karena muncul pertanyaan ‘kok absudr ya?’ hahahaha. mungkin kebawa ma absurdnya film ini. hiihihiii.

    betul. tapi kok aku gak bisa menikmati absurdnya sinetron2 kita di tv ya:mrgreen:


  2. ceritanya cuma satir tentang ketakutan Amrik kok, pak.. hehehe…

    salam kenal!

    salam kenal juga. sering2 mampir ya


  3. Intelegensia memang absurd. Makanya diolok-olok dalam film ini
    Eh…absurd ki apa tho🙂



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: