h1

Tha Happening

June 19, 2008

Shyamalan adalah sebuah fenomena. Ia bukan seorang sutradara biasa, ia menulis dan juga memproduksi film-filmnya. Dan yang paling menarik adalah semua film2nya mengundang kontroversi. Sebagian mengatakan bahwa itu adalah film yang bagus sekali dan sebagian lagi mengatakannya sebagai film sampah. Termasuk film ini tentunya.

Film ini sedikit berbeda dengan film2 Shayamalan sebelumnya. Di dalam film ini tidak ada sebuah teka teki misteri yang baru terungkap di akhir cerita. Di awal cerita sudah cukup jelas apa yang terjadi, meskipun ini tidak mengurangi ketegangan film itu sendiri. Ketegangan terjadi bukan karena ada misteri yang menunggu untuk dipecahkan melainkan apa yang akan terjadi seterusnya karena eskalasi kejadiannya terus meningkat.

Film ini adalah sebuah film sains, dan jika anda tahu latar belakang sains di belakang film ini, maka film ini akan menjadi sebuah film yang mengerikan bagi anda. Sekedar sedikit petunjuk saja ada beberapa poin yang bisa anda search di google sebelum ando nonton film ini, “vanishing honey bees” dan “red tide”. Mudah2an setelah menonton film ini, kita jadi berpikir tentang kedudukan kita sebagai manusia di planet bumi tercinta ini, seperti yang diinginkan oleh sang sutradara.

Saya pribadi merasa film ini berada di bawah kualitas rata2 film2 Shayamalan sebelumnya, terutama Lady in the Water yang begitu indah. Mungkin sedikit di atas the Village yang merupakan filmnya yang terburuk. Film ini kekurangan aura kepuasan dari sebuah teka teki yang terpecahkan karena sampai akhir film yang ada hanya spekulasi tanpa kesimpulan.

Dan yang terakhir, jangan ajak anak2 nonton film ini. Adegan2 di dalamnya sangat mengguncang. Ini strickly film dewasa.

Film: 3.5/5

Skrip: 3/5

Sutradara: 4/5

Akting: 3/5

2 comments

  1. Lady in the water indah? Ni, gue pernah baca dimana… gitu klo lady in the water tuh jelek banget.
    Kata orang itu. Klo gue sih demen ama model2 crita lady in the water gitu hahahha…. Walopun endingnya lebih spesifik kali yah!!!(penasaran ama nasib si property managernya)
    Maksud loe spekulasi tuh apa yang buat si penyebar toksin penyebarkan toksin gitu yah?
    Tapi kan kesimpulannya si narasumber di beritanya itu benar. It also happen in paris. Ending yang keren banget klo kata gue mah.
    Nyeh.. komen kepanjangan. Loe sih niat nyuruh gue kesini hahahha….
    Btw, gue juga mo ngereview film ini ah….😀


  2. nah ini nih yg dr dulu gue tungguin msh ga masuk jg ke batam. Kudu sabar nih….😦



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: