h1

Atonement

May 26, 2008

Film ini dibuat berdasarkan novel dengan judul yang sama. Novel ini yang ditulis oleh Ian McEwan, menjadi nominasi penghargaan Booker Prize, penghargaan buku yang paling prestisius bagi negara2 berbahasa Inggris, meskipun tidak menang.

Film ini juga mendapatkan banyak nominasi termasuk Golden Globe dan Oscar meskipun gagal meraih penghargaan terbaik. Dalam ajang Oscar ia kalah dengan No Country for Old Man.

Film ini memang bergaya Inggris, yang cenderung lamban, tidak seperti film2 Hollywood yang plotnya cenderung naik turun. Tapi bagi yang bisa menikmatinya, plot yang demikian justru lebih mendalam.

Cerita film ini berputar pada seorang anak yang punya daya imaginasi besar, yang sudah menulis drama dan cerita dalam usia sangat muda. Tanpa disadarinya kemampuannya untuk menulis cerita ini berpengaruh pada kehidupan nyatanya, yang akhirnya ia sesali seumur hidup.

Peran anak kecil tersebut diperankan dengan baik oleh … Kiera Knightley juga melakukan akting dengan memukau. Begitu pula dengan lawan mainnya … Sang sutradara juga mampu menerjemahkan suasana Dunkirk dalam layar lebar dengan segala kehimpitan dan keabsurdannya.

Gaya flash back dan pemakaian dua sudut pandang juga memperkuat cerita dalam film ini. Begitu pula dengan efek film yang diputar mundur menjelang akhir cerita untuk menambah efek dramatisnya.

Satu hal lagi yang menakjubkan dari film ini adalah penataan musiknya yang memanfaatkan ketukan mesin ketik dan bunyi gereten. Suara2 yang dihasilkan memberikan efek ritmis sekaligus dramatis. Sebuah pencapaian yang luar biasa.

Pada akhirnya, film ini adalah sebuah film yang dalam sekali secara psikologis, yang membekas bagi para penontonnya. Ia mengeksplorasi relung2 hati manusia yang membuat kita terenyuh dan terpana melihat anak manusia yang jatuh ke dalam permainan nasib.

Film: 4/5
Skrip: 4/5
Akting: 4/5
Sutradara: 4/5
Musik: 5/5

2 comments

  1. udah gak sabar nonton filmnya. kebetulan kemarin baru beli dvd-nya. kayaknya serius banget nih film


    selamat menonton. aku baru beli bukunya, tapi belum kusentuh. katanya sih lebih bagus. nonton saja, dan nikmati seperti disajikan. film ini akan memprovokasi anda sebagai manusia apakah anda prejudice atau tidak


  2. akhirnya nonton juga nih film. ternyata emang bagus banget. alurnya mengalir meski awalnya agak membingungkan karena alurnya pake flash back dan maju. ceritanya ini nih yang bikin asyik.

    ada bukunya ya? wah baru tahu aku mas. beli dimana?

    di periplus atau kinokuniya
    atau amazon:mrgreen:



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: