h1

Narnia, for Grown-up

May 21, 2008

Trailer Narnia, Prince Caspian yang berulang-ulang ditayangkan di lobi depan Blitz Megaplex sudah lama mengundang saya untuk menonton film ini. Harapan-harapan tentunya timbul dari sequel Narnia, The Lion, The Witch and The Wardrobe. Dan ternyata harapan-harapan tersebut terpenuhi. Prince Caspian adalah sebuah sequel yang baik, bahkan melebih pendahulunya. Tidak banyak sequel yang bisa menyaingi atau minimal menyamai pendahulunya. Saya termasuk yang sinis melihat film sequel yang dibuat karena kehabisan bahan cerita untuk film baru.

Pertama, film ini terasa lebih dewasa dibandingkan dengan pendahulunya. Konfliknya lebih kuat diimbangi dengan psikologi anak-anak yang mulai masuk menuju remaja. Akting anak-anak di seri pertama pun kelihatan bertumbuh lebih baik khususnya bagi pemeran Edmund, Skandar Keynes. Ia kemungkinan bisa menjadi seorang bintang baru menyaingi Daniel Ratcliffe-nya Harry Potter.

Kedua, secara skrip, film ini lebih dewasa. Memang banyak protes dari para “fundamentalis” Narnia yang kecewa berat karena skrip film ini bergeser jauh dari buku aslinya. Saya bukan termasuk jenis seperti itu. Sejauh film yang dibuat memang baik, bergeser dari buku juga gak masalah (ingat kasus Forrest Gump yang dapat Oscar sebagai film terbaik yang juga beda jauh ama bukunya).

Ketiga, secara sinematografi dan special efek, film ini lebih baik dari pendahulunya. Mata kita akan dimanjakan dengan segala macam gambar baik yang indah maupun menakjubkan. Adegan pohon hidup yang bertempur akan mengingatkan kita pada adegan Lords of The Ring. Begitu pula dengan para prajurit yang dibawa elang raksasa. Semuanya dibuat dengan halus dan memukau.

Secara keseluruhan, ini adalah sebuah film yang patut dinikmati. Ia menghibur dan memukau mata. Meskipun mungkin belum masuk ke kategori film yang patut dikenang sepanjang sejarah.

Film: 3.5/5

Skrip: 3/5

Akting: 3/5

Special Efek: 4/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: