h1

Forbidden Kingdom

May 3, 2008

Duet dua bintang besar laga Hongkong mudah sudah ditunggu banyak orang di dalam film ini. Jet Li dan Jacky Chen memang adalah dua ikon kungfu, Jacky Chen dengan gaya kungfu serampangannya, dan Jet Li dengan kungfu seriusnya. Bagaimana kiranya keduanya akan berpadu dalam film mungkin menjadi sebuah pertanyaan sendiri. Ditambah dengan penata kungfu Yuen Hoping, sebuah nama yang sudah sangat terkenal di kalangan para penggemar film kungfu. Apalagi ditambah dengan kameramen Peter Pau, yang juga kaliber Oscar. Maka jadilah film ini, film kungfu dengan budget terbesar sepanjang sejarah.

Judulnya mungkin, sedikit membingungkan karena tidak memberi clue tentang film ini. Kita tahu semua apa itu Forbidden City, tapi Forbidden Kingdom? Film ini memang mengambil setting di Cina antah berantah, di saat dewa-dewi masih bersemayam dengan manusia di bumi. Dan sebuah peristiwa kosmik membuat dunia itu bersilangan dengan saat ini di sebuah China Town di Amerika, dengan tokoh utama seorang anak muda penggemar kungfu, yang kerjanya nyari film kungfu bajakan di China Town.

Jadilah ceritanya bergulir dan menyedot sang anak muda sehingga bertemu dengan para tokoh mitologis seperti Sun Go Kong dan Lu Yan (salah satu dari delapan dewa), dan juga sebuah tokoh (yang tidak mitologis) kungfu antagonis yang pasti sudah dikenal para penggemar film kungfu jadul, White Hair Bride.

Ceritanya memang tidak dibuat serius seperti cerita mitologis Lords of the Rings, atau bahkan Narnia. Ia memang dibuat sekedar untuk menghibur tanpa mengernyitkan dahi penonton. Kelucuan khas Jacky Chan pun diselipkan di sana sini dengan ringan. Sesekali penonton pun disuguhi oleh keindahan adu kungfu antar tokohnya.

Saya sebagai penggemar film serius terus terang agak menyesalkan keringanan film ini, karena film serius bukan berarti tidak bisa menghibur. Film Lords of the Rings telah membuktikannya. Bahkan film Monkey King-nya Stephen Chow terlihat digarap lebih serius dibandingkan dengan film ini.

Film: 3/5

Skenario: 2.5/5

Sinematografi: 4/5

Akting: 3/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: