h1

Romance of Three Kingdom

April 9, 2008

Akhirnya sebuah film bioskop yang bercerita seputar Legenda Tiga Kerajaan yagn lebih dikenal di sini dengan sebutan Samkok datang juga. Yang diambil sebagai fokus cerita adalah kisah Zhang Zilong (yang lebih dikenal dengan nama Zhao Yun), salah satu dari lima Jendral Harimau, garda depan kerajaan Shu, anak buah raja Liu Bei.

Ceritanya diambil dari direkrutnya Zilong dari tentara sampai pada pertempuran terakhirnya. Sang pembuat film mencoba merangkum kisah hidup Zilong puluhan tahun dalam hanya dua jam! Terlalu sulit dan kurasa bakal banyak yang kecewa. Tokoh2 lain yang penting seperti Zhuge Liang, Guan Yu dan Zhang Fei hanya mendapat porsi sedikit sekali. Terlalu sedikit untuk memuaskan para fans yang sudah familiar dengan cerita Samkok. Terlalu sulit, dan kurasa banyak yang kecewa. Pertama, kisah Samkok terlalu berharga untuk dipecah menjadi hanya kisah satu orang saja. Kedua, tokoh Zilong sendiri juga bukan tokoh ecek2 yang bisa disederhanakan dalam dua jam. Dia adalah salah satu jendral hebat yang menjadi tema sentral cerita.

Meskipun demikian film ini sebenarnya masih punya harapan jika ia ingin berfokus pada satu poin saja, yaitu ironi bahwa Liu Bei yang begitu hebat sehingga mampu mengumpulkan begitu banyak pengikut yang setia dan berkemampuan luar biasa, mempunyai keturunan Liu Chan, seorang raja yang sangat lemah. Ironisnya, si Liu Chan ini mestinya mati, tetapi diselamatkan oleh Zilong. Di lain pihak. Sayangnya film ini tidak berfokus di situ.

Lebih asik mungkin kita tunggu film berikutnya saja, The Battle of Red Cliff, salah satu perang yang paling sentral dalam kisah Samkok. Film ini bakal dibesut sutradara action kawakan, John Wu. Kayaknya bakal lebih nampol.

Film: 3/5

Sutradara: 2.5/5

Akting: 3/5

Koreografi: 3.5/5

Skrip: 3/5

2 comments

  1. wah kayak nya The Battle of Red Cliff lebih seru nih… kalo yang 3 kingdom terlalu singkat, perangnya ga terlalu seru….


  2. RED CLIFF memang nyata2 lebih nampoooLLLL dibanding 3 KingDom….penongton pasti puwaaasssss!!!

    Sekarang gw tinggal nunggu jilid keduwanya RED CLIFF

    wah, udah nonton duluan yah...., gw belum nih! jd pengen nonton hari ini langsung!



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: