h1

XL, Xtra Low

February 23, 2008

xl.jpgMulanya kupikir film ini ada afiliasinya dengan salah satu operator seluler, ternyata tidak. XL memang mengacu ke ukuran, yaitu ukuran “adek”. Dengan dukungan si edan Jamie Aditya aku sempat berharap dengan film ini, tetapi setelah melihat tim produksinya yang India (bukannya jelek2in, tapi what do you expect dari mereka yang menghasilkan kualitas sinetron yang elo tau lah) aku sedikit ragu.

Secara kualitas film ini sedikit di atas film Kawin Kontrak yang telah beredar terlebih dahulu, dengan mengusung tema yang sama, masalah “ukuran” dan Mak Erot. Sayangnya film ini terjebak untuk tidak setia dengan komedi yang mau diusung, dan lari ke arah film romantis. Film ini sungguh gagal memanfaatkan bintang multi talent Jamie, meskipun saya juga mikir bagaimana sampai Jamie mau ikutan main film ini.

Ketidakmatangan film ini terlihat dari joke2nya yang hanya selipan, tetapi tidak mendukung untuk membuat sebuah cerita panjang. Lucunya, malah efek romantisnya yang membuat film ini lumayan bisa dinikmati. Sayangnya pesan komedi di awal jadi malah mengganggu. Kalau niatnya buat film komedi romantis, mesti di set dari awal seperti itu, tidak masuk ujug2 dari tengah.

Satu hal yang sangat mengganggu dari film ini adalah tata suaranya. Entah emang bioskop tempatku nonton yang enggak beres atau emang dari sononya. Keras tidaknya suara benar2 tidak pas dengan adegan film. Masak ada orang dari jauh suaranya kenceng dan orang dari deket ngomong gak kedengaran kayak bisik2.

Secara keseluruhan, film ini belum bisa dikatakan berhasil. Kegagalan membuat fokus cerita telah merusak kerangka film yang membuatnya sebuah karya utuh.

Sutradara: 2/5

Skrip: 2/5

Akting: 2/5

Total: 2/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: