h1

August Rush, Film Musikal Terbaik Tahun ini

February 3, 2008

august-rush_rated-one-sht-medium.jpgTidak mudah membuat sebuah film musikal. Sebuah usaha gagal sudah ditunjukkan oleh film seperti Bukan Bintang Biasa misalnya. Namun bila berhasil, efeknya luar biasa. Inilah yang akan Anda rasakan dengan film ini.

Ada dua tipe film musikal, yang pertama adalah gaya Broadway, dengan dialog yang dinyanyikan. Yang kedua adalah yang seperti film ini, dengan mengambil musik sebagai tema sentral meskipun tidak menyanyikan dialognya. Kedua jenis film ini selalu dipenuhi oleh aransemen musik, yang memang menjadi kekuatannya, selain cerita tentunya.

Ceritanya cukup sederhana, tentang seorang anak yang percaya dengan musik. Ia adalah seorang anak yang tinggal di panti asuhan dan ia percaya kecintaannya pada musik diberikan oleh kedua orang tuanya. Ia bisa mendengar musik dari desauan angin, gemericik air, bahkan kilau cahaya. Seluruh alam ini adalah musik baginya. Dan ia percaya, jika ia mengikuti musik itu, ia akan menemukan orang tuanya, dan begitulah ceritanya.

Film ini dipenuhi dengan musik yang indah, klasik berpadu dengan rock, gospel, musik gerejawi dengan orgel. Semuanya dipadukan dengan indah. Kekuatan film ini memang bukan di skenarionya, yang cukup sederhana dan mudah diikuti, bahkan mudah tertebak, kecuali pada dialog2 yang memang membicarakan tentang keagungan musik. Musiknyalah yang membawa Anda untuk memahami isi cerita.

Sayangnya kelemahan film ini justru ada pada pemeran utamanya, sang August Rush, Freddie Highmore. Sewaktu ia menjadi konduktor, ia kelihatan kurang berwibawa seperti halnya seorang konduktor semestinya. Namun Anda tidak perlu kecewa, karena pemeran utama sesungguhnya dari film ini adalah musik itu sendiri.

Film: 4/5

Sutradara: 3/5

Skenario: 2/5

Musik: 5/5

Akting: 3/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: