h1

One Night with The King, Kisah Esther di Perjanjian Lama

December 11, 2007

esther.jpgFilm ini adalah adaptasi dari Kitab Esther yang terdapat di dalam Perjanjian Lama.

Pertama aku agak berharap banyak dari film ini, karena kupikir bakal kental sekali fakta sejarahnya. Aku agak kecewa, karena ia benar-benar berpatokan murni dari Kitab Esther, tanpa mengambil sumber primer lain pada periode yang sama, untuk lebih mengentalkan sejarahnya.

Yang kedua, ini adalah kisah bangsa Yahudi di tengah pengasingan di Persia. Ini mestinya sebuah film yang kental nuansa Yahudinya. Sayangnya film ini berbahasa Inggris. Tidak terlalu sulit kupikir jika film ini mau memakai bahasa Yahudi ditambah bahasa Persia. Bayangkan saja film Apocalypto-nya Mel Gibson yang memakai bahasa Maya Kuno. Bandingkan juga dengan The Passion of the Christ yang memakai bahasa Aram. Film ini sedikit terbantu dengan beberapa adegan yang diiringi lantunan lagu asli dalam bahasa Yahudi yang memberikan ambient yang pas. Mestinya lebih banyak lagi adegan seperti itu. Jangan tanyakan bagaimana nuansa Persianya. Gak kerasa.

Nama besar seperti Peter O’Toole dan Omar Sharif juga menipu, karena mereka hanya muncul pada sedikit adegan, terlebih Peter O’Toole yang hanya kebagian SATU adegan.

Akhirnya saya tahu juga kalau film ini dibuat oleh TBN, jaringan penyiaran kristen, pantas saja gak begitu kental sisi Yahudinya. Jadi harap maklum saja kalau film ini lebih berbau kristen ketimbang yahudi.

Film: 2/5

Sutradara: 3/5

Skenario: 2/5

Akting: 2/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: