h1

Deliver Us from Evil

December 10, 2007

deliver_us_from_evil.jpgFilm ini adalah sebuah film dokumenter yang dibuat dari kisah nyata seorang fedofilia, yang sempat membuat kasus besar di Amerika Serikat. Film ini diputar di Jiffest 2007 tanggal 9 dan 13 Desember.

Film ini berisi wawancara Pastor O’Grady, seorang pastor Katolik Roma yang melayani umat di daerah California, beberapa anak (yang sekarang sudah dewasa) yang menjadi korbannya sejak tahun 1976 beserta orang tua mereka, serta komentar beberapa pejabat gereja mengenai kasus ini.

Film ini bisa cukup mengguncang Anda, meskipun tentu saja tidak ada apa2nya dibandingkan dengan guncangan yang dihadapi orang tua korban. Guncangan jiwa mereka diperlihat kan dengan jelas di dalam film ini. Beberapa dari mereka menjadi ateis, karena tidak percaya bagaimana bisa seorang yang menjadi hamba Tuhan malah menghancurkan hidup anak mereka, dan otomatis seluruh hidup keluarga mereka.

Yang juga mengganggu adalah bagaimana tanggapan para pejabat gereja atas kasus ini. Di dalam film ini diperlihatkan ada semacam kesan melindungi sesama kolega ketimbang menghukum yang bersalah dan melindungi umat dari seorang pastor yang tidak bermoral ini.

Pastor O’Grady akhirnya didakwa 14 tahun penjara, dan dibebaskan bersyarat setelah menjalani hukuman 7 tahun, dan sesudah itu dideportasi ke Irlandia, dan hidup dengan damai sampai saat ini. Dan yang sangat mengganggu saya ialah raut mukanya yang tidak menunjukkan rasa penyesalan dan bersalah sedikitpun.

Total : 3/5

Sutradara : 2/5

Skrip: 3/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: