h1

The Fall

December 3, 2007

thefall.jpgFilm ini akan diputar di Jiffest 2007 mendatang. Aku berkesempatan mencicipi film ini duluan di closing movie ScreamFest yang barusan berakhir di Blitz.

Film ini adalah sebuah film fantasi yang dilatarbelakangi oleh seorang anak yang patah tulang bahunya setelah jatuh yang mengunjungi secara teratur seorang pasien yang lain di rumah sakit yang sama, karena ia punya cerita yang menarik. Dan film ini menceritakan kisah sang anak dan pasien dan ceritanya secara paralel.

Salah satu keunggulan dari film ini adalah sinematografinya. Layak untuk Oscar. Sang sutradara dengan piawai mem-blend satu scene dengan scene yang lain sehingga kadang terlihat surealis. Bahkan jika Anda tidak dapat begitu mengikuti ceritanya, Anda akan tetap terpukau oleh indahnya gambar yang disuguhkan di depan Anda. Film ini dibuat di 20 negara, termasuk Indonesia, yaitu di Bali. Dan anda bisa melihat bagaimana indah dan mistisnya Bali di-blend ke dalam cerita.

Skenarionya adalah keunggulan yang kedua, karena ia begitu innocent, mengikuti sudut pandang seorang anak. Ini sungguh bukan usaha yang mudah, dan tidak banyak film yang bisa seperti itu (seperti Finding Neverland misalnya). Anda akan tertawa dan sekaligus trenyuh melihat pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dari kacamata seorang anak gadis kecil, yang kalau tersenyum kelihatan ompongnya.

Dan yang paling menarik adalah simbologinya. Sayangnya, ini mungkin kurang bisa dinikmati, mengingat simbol-simbol tersebut tidak terlalu mudah untuk dipahami kalau pengetahuan umum Anda kurang banyak. Banyak kelucuan-kelucuan kecil yang tersembunyi di sana. Saya tidak akan membeberkannya di sini karena akan mengurangi kenikmatan Anda. Begitu Anda mampu melihatnya, Anda akan tahu betapa indahnya keseluruhan film tersebut, seperti kesatuan mozaik dari pecahan kaca yang beraneka.

Secara keselurahan, ini adalah sebuah film yang luar biasa, sayang untuk dilewatkan. Entah kapan lagi Anda akan disuguhi film setaraf ini.

Total : 5/5

Sutradara: 5/5

Sinematografi: 5/5

Skenario: 5/5

Akting: 4/5

2 comments

  1. Film ini memang membangkitkan diskusi yang menarik. Ngumpul-ngumpul sama temen sambil “membedah’ film ini bakalan asyik🙂

    aku benernya punya temen yang mutar film dan diskusi. biasanya tempatnya di perpus diknas (samping ratu plasa) dan museum bank mandiri (di kota tua). mdh2an mereka mau muter the fall. kukomporin dulu, nanti kalau jadi datang ya


  2. Ada adegan lucu waktu tukang cerita memasukkan tokoh Indian dalam ceritanya. Anak kecilnya yg merupakan imigran dari India malah membayangkan tokoh Indian sebagai orang India lengkap sama sorban dan pedang bengkoknya. Hahaha….Indian = orang India atau suku Indian si kulit merah?

    aku terpingkal2 waktu lihat adegan itu. penulisnya jenius!



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: