h1

Mongol, Sebuah Kisah di Balik Genghis Khan

October 21, 2008

Kita semua tahu Genghis Khan dengan segala kebesarannya, tapi sedikit yang tahu bagaimana ia bisa menjadi seorang pemimpin yang pernah menaklukkan setengah dunia. Film ini adalah sebuah interpretasi yang mencoba bagaimana dari seorang anak bernama Temujin, ia menjadi orang yang paling berkuasa di dunia, Sang Khan yang Agung, Genghis Khan.

Kisahnya dimulai dari kematian ayahnya Temujin (nama kecil Genghis Khan) Yesugei, Khan sukunya Temujin. Sejak itu sang Temujin kecil harus menjadi dewasa lebih cepat untuk mampu bertahan hidup. Ia sendiri sejak kematian ayahnya selalu dikejar2 oleh orang yang menginginkan kematiannya, untuk memutus jalur keturunan Yesugei. Sergei Bodrov, sang sutradara menggambarkan kisah Genghis Khan di waktu kecil ini berdasarkan buku The Secret History of the Mongols. Semua kesulitan yang menimpanya justru membuatnya menjadi sebuah pribadi yang luar biasa kuat, yang nantinya akan menjadi seorang penguasa yang menyatukan seluruh Mongol dan menaklukkan separuh dunia.

Bagian yang paling menarik dari film ini sendiri adalah kisah Borte, yang menjadi istri Genghis Khan. Borte digambarkan sebagai wanita yang kuat, yang menjadi tulang punggung Genghis Khan. Bahkan bisa dibilang Borte-lah yang membuat seorang Temujin kecil menjadi seorang Khan, yang digambarkan secara apik sejak awal film dengan adegan pemilihan istri. Aktris yang menjadi Borte, baik yang dewasa atau Borte kecil bisa memainkan perannya secara apik dan membekas pada pemirsa film ini. Bahkan kalau boleh memilih, aku lebih memberi judul film ini BORTE AND GENGHIS KHAN, ketimbang MONGOL.

Pemeran Yamuga yang seorang aktor Cina juga perlu diacungi jempol. Ia bisa memerankan emosi yang kompleks dari seorang yang mulanya di atas Temujin, lalu mesti tunduk kepadanya.

Bagian lain yang mencuri perhatian adalah penggambaran sebuah biara Buddhis di sebuah kerajaan kecil di perbatasan Cina Mongol, kerajaan Tangut. Kisah ini adalah sebuah fiksi saja, namun Bodrov memakainya dengan baik untuk menunjukkan karakter filmnya yang kuat.

Secara total film ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa, meskipun terasa masih ada sedikit yang kurang, ibarat masakan yang sudah enak tapi kurang sedikit. Mungkin ini karena proses editing yang membuat film ini pas 120 menit. Tanpa editing, mungkin film ini akan terasa lebih sempurna.

Semua bagian dari film ini menggunakan bahasa Mongol, kecuali dalam beberapa interaksi dengan bangsa Cina yang menggunakan bahasa Mandarin. Film ini mendapatkan nominasi Oscar untuk film asing terbaik, namun kalah dalam pemilihan.

Film ini hanya diputar di Blitz Megaplex

Film: 3.5/5

Akting: 4/5

Skrip: 4/5

Editing+Sinematografi: 3/5

About these ads

4 comments

  1. On, pilem ini banyak nampilin ce2x mandarin yg cantik jelita tak ? :mrgreen:


  2. Lumayan jg nih film, pendekatannya agak berbeda dibanding nonton film Hollywood. Yang nggak disangka pemeran Temujin ternyata aktor watak Jepang, dan pemeran Yamuga memang keren.

    Sori git, ini film Kazakhstan joinan sama modal jerman, lokasi mongol dan rusia. Gak bakalan ketemu Zhang Ziyi. hehehe…


  3. Ya git, yang ada aktor tampang mongol semua. gak ada yang kinyis2 kayak zhang ziyi, atau maggie q. km udah nonton an?


  4. Udah lumayan lama nontonnya, sekitar 4-5 bulan yg lalu. Tadinya dikirain film silat kolosal hehehe….



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 47 other followers

%d bloggers like this: